Tentang Aku

Apalah artinya sebuah nama. Kata-kata itu pernah diucapkan oleh Shakespeare. Akan tetapi sudah banyak orang yang saya lihat mengkritik kalimat ini. Memandangnya sebagai bualan yang asal-asalan. Tapi berbeda dengan para pengkritik tersebut, saya memahaminya dalam konteks usaha seorang Shakespeare untuk menurunkan martabat namanya di dalam wilayah lingkaran pengaruhnya. Dengan kata lain, merendahkan diri.

Dulu sedikit banyak saya setuju dengan pendapat Shakespeare tersebut. Sebab bagi saya sendiri, nama itu hanyalah satu dari sekian banyak predikat yang melekat dalam ‘diri’ saya. Tidak cukup hanya dengan satu simbol untuk merepresentasikan ulang ‘diri’ saya yang sesungguhnya. Sehingga dia tidak cukup berarti.

Tapi setelah dipikir-pikir ternyata yang menjadi masalah tampaknya tuntutan saya yang begitu besar terhadap simbol representasi diri saya ini. Setelah membaca sedikit rangkaian kalimat yang diuntai oleh para kaum blogger mengenai Derrida, entah saya salah memahami atau tidak, saya dibawa kepada pemahaman bahwa satu kata selalu berhubungan dengan kata yang lain. Dengan kata lain, saya tidak dapat menuntut terlalu banyak agar satu simbol dapat merepresentasikan diri saya. Semua simbol saling bahu membahu untuk membentuk makna yang komprehensif. Bahkan diri saya, tubuh saya tidak dapat merepresentasikan diri saya kepada subjek yang memandang saya sebagai objek.

Aduh koq jadi ngawur. Ya udah deh..

Nama saya Reinhard Lumbantobing. Lahir bulan Maret 1985 di Perbaungan, sebuah kota kecil di Sumatera Utara. Jadi kalau dihitung-hitung, umur saya sekarang 22 tahun. Tidak banyak yang dapat saya ceritakan tentang diri saya. Sebab selain karena saya tidak mengenal diri saya yang sebenarnya, saya juga kurang percaya diri. Hehehe…

Hobi saya membaca. Terutama hal-hal yang berbau humaniora, misalnya filsafat, psikologi, dan teologi. Antropologi dan sosiologi kurang saya sukai. Mungkin karena saya jarang menemukan buku yang menarik dibaca tentang subjek itu. Setiap hari saya harus selalu membaca. Minimal membaca apa yang saya lihat. Akan tetapi sayangnya karena banyaknya kesibukan, saya justru tidak memiliki banyak waktu luang untuk membaca buku. Ahh.. seandainya saya punya waktu luang yang cukup dan bahan bacaan yang banyak, tentu saya akan sangat senang.

Tapi diatas itu, kendala yang lebih buruk adalah kemampuan berbahasa saya sangat jelek jika dibandingkan dengan native speakernya. Bahasa Inggris… Ya, Bahasa Inggris adalah bahasa yang saya cita-citakan dapat saya kuasai dengan baik. Akan tetapi kemampuan saya sekarang hanya bisa membaca sedikit teks-teks yang tidak terlalu sulit. Kalau sudah harus berbicara, saya bingung harus bagaimana. Sebab sungguh menggelikan ketika semua kata-kata yang dapat saya mengerti mengejek dari jauh dan tidak mau membantu saya. Hmmm.. Mungkin saya kurang menjalin hubungan yang akrab dengan mereka. Inilah namanya, “Jangan lihat saja, ayo bicara dengannya.” Kalau saya sudah bisa, mudah-mudahan saya bisa belajar Bahasa Jerman. Saya pengen bisa mengecap pendidikan disana. Hehehe. Gimana mo bisa, makan aja susah..:mrgreen:

Selain itu saya juga suka maen gitar n dengar lagu klasik. Sewaktu SMA saya suka sekali lagu-lagu rock, terutama yang instrumental. Dan sesuai dengan tuntutan anak muda lain yang sebaya n sehobi dengan saya, saya mulai mencoba mengulik lagu-lagunya Yngwie. Hasilnya? Gagal… Hehehe. Perlu belajar intensif bertahun-tahun lagi. Dan seiring dengan perjalan waktu, sejak masuk kuliah di Sekolah Tinggi Teologi HKBP Pematangsiantar saya mulai menyukai lagu-lagu Mozart. Walaupun demikian yang bikin saya sedih, saya punya nilai yang jelek dalam instrumen Organ.

Btw, sekian dulu ya. Kapan-kapan lebih serius lagi. Blog saya ini mungkin hanya akan di-update sekali sebulan. Sebab terkendala oleh beberapa hal diluar kemampuan saya, terutama UITTTT.kikikik.. Eit, bicara soal uit, saya jadi pengen nulis sesuatu… Kalau uit menjadi batu, maka batu akan jadi apa ya?

7 Responses

  1. awal yang baik lae

    maju terus…….

  2. dah jago neh,

  3. Salutttttttttttttt de bisa nulis..

  4. Perhatian, saya minta maaf, blog ini pindah ke pargodungan.org. Klik nama saya menuju ke sana dan dapatkan BONUS menarik yang menanti ANDA.

  5. Ga yakin?? Jangan nyesal ya. He3

  6. hello reinhard…!!what can i know much about you…?

  7. uit itu apa bro wkwkwkkk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: